Rabu, 03 Desember 2014

perkembangan pada masa bayi dan anak


PERKEMBANGAN PADA MASA BAYI DAN ANAK

Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Psikologi Anak
Dosen pengampu : Dra. Ani Hidayati, M.Pd.

Description: Description: H:\Logo-IAIN-Walisongo-Semarang.jpg

Disusun oleh :
                                                Muhamad Irfan            (123911005)
                                                Alina Aunun Faiqoh   (123911021)
                                                Ana Sa’adah               (123911033)
                                   
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
WALISONGO SEMARANG
2014


I.                   LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak memiliki makna yang berbeda. Pertumbuhan peserta didik secara sederhana bermakna peningkatan di bidang massa atau berat dan tinggi badan. Adapun perkembangan anak di maknai sebagai sebuah peubahan secara bertahap dalam kemampuan, emosi, dan keterampilan yang terus berlangsung hingga mencapai usia tertentu.   
Dalam perkembangannya usia dini merupakan masa bagi seorang anak untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain serta memahaminya. Atas latar belakang itulah dalam makalah ini kami berusaha menjelaskan pentingnya pemahaman perkembangan anak bagi calon guru MI. Hal ini penting mengingat seorang anak perlu dibimbing agar mampu memahami berbagai hal tentang kehidupan dunia dan segala isinya. Pemahaman perkembagan untuk anak usia dini juga bertujuan membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik atau motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
II.                RUMUSAN MASALAH
Berdasakan latar belakang diatas maka kami menentukan rumusan masalah sebagai berikut:
A.    Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhaan dan perkembangan pada manusia?
B.     Bagaimana pengaruh pendidikan prenatal orang tua terhadap perkembangan pada bayi?
C.     Bagaimana perkembangan anak usia 0-2 tahun?
D.    Bagaimana perkembangan anak usia 2-6 tahun?
E.     Bagaimana perkembangan belajar anak pada masa sekolah dasar?




III.              PEMBAHASAN
A.  Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada anak.
Sebagaimana diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia diperngaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Agaknya memang perlu menguji dampak positif dan negatif dari faktor-faktor berikut ini bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada umumnya. Pertama, faktor warisan genetik dan bagaimana faktor-faktor ini berinteraksi dengan lingkungan. Pengeruh Kedua faktor sosial-ekonomi, termasuk pegaruh pendapatan, perumahan, gizi, pendidikan dan akses ke layanan kesehatan. Ketiga , pengaruh lingkungan global dan lokal, misalnya dampak pencemaran sehingga mengganggu kesehatan.
Sebagai seorang guru tentu perlu mengetahui bagaimana faktor genetik, sosial-ekonomi dan lingkungan saling terkait dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya. Gurupun harus melihat beberapa dari teori yan berbeda mengenai perkembangan manusia.
Pemahaman dasar tentang perumbuhan dan perkembangan peserta didik diperlukan oleh guru untuk mengenbangkan basis pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka sesuai dengan tahap kehidupannya. Dengan demikian, guru harus memahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya, termasuk genetik, lingkungan, dan kondisi sosial-ekonomi, serta banyak lagi faktor sebagaimana disebutkan di atas. Peserta didik mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan dirinya, termasuk penegmbangan sosial, emosional, dan intelektual. Karena itu, guru perlu belajar tentang pengembangan kemempuan dan keterampilan peserta didiknya, khususnya berkaitan dengan:
1.    Keterampilan motorik
2.    Kemampuan intelektual
3.    Perkembangan emosional
4.    Ketermpilan bahasa; dan
5.    Keterampilan sosial.[1]  

B.  Pengaruh pendidikan prenatal orang tua terhadap perkembangan  bayi.
1.       Landasan Teori
Pendidikan pranatal atau pendidikan sebelum kelahiran merupakan salah satu bagian yang urgen  dari proses panjang pendidikan. Elizabeth Hurlock (2004: 23) menjelaskan bahwa perawatan perilaku yang mendidik terhadap anak dalam kandungan merupakan tahap awal dalam proses pendidikan anak. Hal ini dilakukan kerana kita melihat bahwa pendidikan bukan merupakan proses yang sebentar. Pendidikan bahkan dilakukan sejak sebelum manusia terlahir di dunia di butuhkan proses yang berkesinambungan dalam pendidikan. Karena itu pendidikan anak harus  dimulai dengan kesadaran orang tua untuk mendidik anaknya yang masih dalam kandungan sekalipun. Sebab, keluarga menyumbang banyak peran dalam perkembangan potensi anak, karena potensi yang akan di bawa anak kelak berawal dari bertemunya ovum dan sperma.
Pertanyaanya  adalah : apakah anak dalam kandungan sudah bisa di didik secara aktif?
Penemuan terkakhir di bidang penelitian bayi menjelaskan bahwa anak dalam kandungan, tentu yang mendapat roh atau nyawa sudah responsif terhadap stimulus dari lingkungan luarnya yang kadang ibu yang mengadungnya tidak menyadarinya(Arthur T. Yersild, dkk. 1975:57). Penemuan itu dapat diterima oleh ilmuan muslim karena ajaran Islam sudah menjelaskannya.
Al-Qur’an telah menjelaskan bahwa roh (nyawa yanng sitiupkan malaikat) berdasar atas izin dan perintah Allah yang lantas memberi hidup  kepada anak di dalam kandungan sudah memilii daya kognitif yang tinggi. Hal ini dijelaaskan oleh Allah seperti terlihat di dalam Q.S Al- A’raf ayat 72, yang berbunyi:
øŒÎ)ur xs{r& y7/u .`ÏB ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä `ÏB óOÏdÍqßgàß öNåktJ­ƒÍhèŒ öNèdypkô­r&ur #n?tã öNÍkŦàÿRr& àMó¡s9r& öNä3În/tÎ/ ( (#qä9$s% 4n?t/ ¡ !$tRôÎgx© ¡ cr& (#qä9qà)s? tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# $¯RÎ) $¨Zà2 ô`tã #x»yd tû,Î#Ïÿ»xî                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Artinya: dan ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap nyawa (ruh) mereka seraya berfirman: “Bukanah aku ini Tuhanmu?” mereka menjawab: “betul , Engkau Tuhan kami” , kami menjadi saksi”
(kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan “ sesungguhnya kami (bani Adam) adlah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan) .[2]

2.      Prenatal Ala Jawa
Masyarakat jawa merupakan masyarakat yang kaya akan budaya. Tak sekedar ritual, dalam kebudayaan jawa setiap ritual memiliki makna filisofis mendalam dan makna tertentu. Diantara ritual yang dilakukan oleh orang Jawa , terdapat beberapa ritual yang dimaksudkan untuk mendidik anak yang masih dalam kandungan yang masih dalam rahim sang ibu. Dengan kata lain pendidikan pranatal telah lama dikenal oleh masyarakat Jawa.
Dari sudut budaya Jawa pendidikan pranatal tidak dimulai ketika bayi dalam kandungan melainkan mulai dari proses pemilihan jodoh hingga lahirnya anak. Fase pemilihan jodoh disebut sebagai masa prakonsepsi. Di dalam istilah jawa terdapat tiga kriteria yaang menjadi tolak ukur dalam menentukan pasangan hidup, yakni bibit, bebet, dan bobot.
Setelah mendapat kan jodoh pendidikan pranatal berlanjut ketika istri hamil. Dalam tradisi Jawa ada beberapa riual yang dilakukan misalnya upacara selapanan dilakukan pada saat usia kehamilan 1 bulan, dilanjutkan dengan upacara ngapati pada saat usia kehamilan 4 bulan, serta upacara mitoni pada saat usia kandungan 7 bulan.
Pasca kelahiran bayi dilaksanakan upacara brokohan, sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran bayi. Pada  hari ke lima kelahiran bayi dilakukan ritual sepasaran dan puputan (pemotongan tali pusar bayi) serta aqiqah pada lima hari kelahiran bayi. Semua ritual dilakukan dengan cara memanatkan do’a dan didengarkan hal-hal yang baik seperti pembacaan salawat dan barzanji. Hal ini menandakan adanya harapan bagi si anak agar menjadi mansia yang baik serta mengajarkan manusia berkata yang baik.
Selain itu di setiap ritual orang tua membagikan sedekah kepada tetangga dan kerabat. Dimaksudkan agar anak nantinya akan menadi orang yang dermawan dan peka terhadap lingkungan sosialnya. Dengan demikian jika di lihat dari kacamata psikologi pendidikan maka dapat ditarik benang merah bahwa pendidikan prenatal orang tua terhadap bayi memiliki pengaruh besar serta harapan orang tua terhadap perkembangan nilai-nilai sosial, moral, dan spriritual anak ketika ia besar nanti.[3]
C.    Perkembangan anak usia 0-2 tahun
A.      Kecakapan instingtif
Pada masa ini kematangan anak untuk menguasai kecakapan instingtif mulai ada, yaitu dimana anak berusaha mempertahankan hidupnya (makan dan minum). Kecakapan instingtif ini matang karena dipengaruhi oleh faktor dari luar dan dalam.
1. Kecakapan instingtif yang matang atas pengaruh dari dalam. Pada tiga bulan pertama, anak telah dapat mengangkat dan memalingkan kepala. Pada tiga bulan kedua, anak telah dapat menegakkan badan dan duduk.
2. Kecakapan instingtif yang matang atas pengaruh dari luar, pada tiga bulan pertama, anak telah dapat memalingkan kepala dengan mengarahkan mata atau telinga, bila mendapat rangsangan getaran udara atau cahaya. Pada tiga bulan kedua anak telah mulai berusaha menangkap apa saja yang dilihatnya dan sampai dengan akhir tahun pertama anak telah dapat menirukan segala sesuatu yang diperbuat oleh orang lain.
Selain kecakapan instingtif, anak pada usia 0-2 tahun ini mempunyai kecakapan umum, yaitu:
a.                Kecakapan dalam penguasaan badan
1.    Dapat meluruskan dan memalingkan kepalanya
2.    Memutar badan dari tiarap menjadi telentang
3.    Dapat duduk tanpa pertolongan dan mulai merangkak
4.    Belajar bediri dan sampai ia dapat berjalan sendiri
b.                Kecakapan pergaulan anak dengan benda
1.    Dapat menggenggam bila diberi sesuatu
2.    Dapat memegang sesuatu yang didekatnya dan memasukkan ke mulut
3.    Dapat bermain-main dengan balok ataupun bola
4.    Dapat melempar atau menggulingkan bola
c.                Kecakapan anak dengan manusia
1.    Dapat tersenyum dan memandang orang lain
2.    Mulai mengenali ibunya
3.    Mulai mencoba menarik perhatian
Sampai dengan umur satu tahun mengerti isyarat-isyarat, misalnya melambaikan tangan, menunjuk arah.
B.       Cara belajar anak
Arti belajar bagi anak yaitu mereka berusaha mencapai tujuannya dalam aktivitas yang dilakukannya. Berbeda dengan arti belajar bagi orang dewasa, yaitu mereka berusaha mencapai tujuannya yang ada di luar aktivitasnya. Inilah sebabnya anak learning by doing sedangkan orang dewasa learning by thinking.
1.      Belajar instingtif
Yaitu anak berkembang dengan kemampuan yang ada sejak ia dilahirkan, tanpa ada bantuan dari luar. Misalnya dari keadaan tidak berdaya sampai ia dapat menyusu, dari belum dapat bergerak sampai ia mampu bergerak sendiri.
2.      Belajar dari pengalaman
Yaitu perubahan cara melakukan yang ditentukan sendiri oleh si anak. Misalnya anak belajar dari pengalamannya berjalan,kemudian ia jatuh, dari jatuh itu ia akan belajar berjalan lagi dengan lebih hati-hati dan menjadi lancar berjalannya.
3.      Belajar dari pembiasaan
Yaitu cara-cara baru yang sengaja diusahakan oleh orang lain, ibu, ataupun ayah, dengan berulang-ulang dan terus menerus sampai anak dapat melakukannya sendiri.[4]
D.     Perkembangan Anak Usia 2-6 Tahun
Menginjak perkembangannya pada tahun kedua , sering disebut masa pencoba, mungkin karena pada umumnya anak pada masa ini mulai mencoba-coba untuk berjalan, sekalipun anak-anak yang lain sudah ada yang dapat berjalan. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam diri anak tersebut tumbuh dorongan untuk bergerak. Dorongan untuk bergerak ini dalam psikolog disebut motorik.
Karena itu dalam bab ini akan dibicarakan perkembangan-perkembangan yang disebabakan atau ada hubunganya dengan motorik ini. Antara lain ialah :
a)    Perkembangan motorik
b)    Perkembangan bahasa
c)    Perkembangan permainan
d)   Perkembangan menggambar.
1.     Perkembangan Motorik
Di dalam membicarakan perkembangan motorik anak, akan dibicarakan ciri-ciri motorik, yang pada umumnya melalui empat tahap. Yaitu;
a.       Gerakan-gerakan yang tidak disadari, tidak disengaja, dan tanpa arah. Gerakan anak pada masa ini semata-mata hanya oleh karena adanya dorongan dari dalam. Misalnya anak menggerak-gerakkan kaki dan tanganya, memasukkan tangan ke mulut, mengedipkan mata dan gerak-gerak yang lain, yang tidak disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar.
b.      Gerakan-gerakan anak itu tidak khas. Artinya gerakan yang timbul, yang disebabkan oleh perangsang tidak sesuai dengan rangsangannya. Misalnya bila si anak diletakkan di tangannya sesuatu benda, maka benda itu dipegangnya tidak sesuai dengan kegunaan benda tersebut, sehingga bagi orang dewasa tampak sebagai sesuatu gerakan yang bodoh.
c.       Gerakan-gerakan anak itu dilakukan dengan masal. Artinya hamper seluruh tubuhnya ikut bergerak untuk mereaksi perangsang yang datang dari luar. Misalnya, bila kepadanya diberikan suatu bola, maka bola itu diterima dengan kedua tangan dan kedua kakinya sekaligus.
2.    Perkembangan Bahasa
Pada umumnya, perkembangan bahasa anak, di bedakan atas empat masa, yaitu :
a). Masa pertama umur 1,0 – 1,6
Kata-kata yang pertama diucapkan oleh anak, adalah kelanjutan dari meraba, ini dapat kita lihat dengan jelas, jika kita perhatikan bahwa diantara kata-kata itu terdapat beberapa kata yang diucapkan juga oleh anak dari bahasa apapun di dunia ini. Misalnya kata-kata yang diucapkan anak terhadap ayah atau ibunya. Kata “ma” untuk ibu dan kata “pa” untuk bapak.
b). Masa kedua umur 1,6 – 2,0
       Pada masa ini, dengan kecakapnnya berjalan, ia makin banyak melihat segala sesuatu dan ingin mengetahui namanya. Oleh karena itu selalu menanyakan nama-nama benda itu. Karena itu masa kita sebut masa “apa itu”. Tentu saja ayah, ibu kakak atau siapa pun juga yang arif akan perkembangan anak itu, ia akan menjawabnya dengan semestinya, dan dengan ucapan yang benar, meskipun belum selalu si anak dapat menirukannya dengan benar.
       Pada masa ini terjadi kesukaran berkata, disebabkan karena perkembangan kemauan dan keinginannya lebih cepat daripada kekayaan bahasanya, sehingga sebenarnya ia akan bercerita tetapi karena perbendaharaan kata-katanya belum mencukupi, maka ia melengkapinya dengan gerakan-gerakan tangan dan kakinya.
c).  Masa ketiga umur 2,0 – 2,6
Pada masa ini, anak telah mulai tampak makin sempurna dalam menyusun kata-katanya. Ia sudah menggunakan awalan dan akhiran sekalipun belum sempurna seperti yang dikatakan oleh orang dewasa.
d). Masa keempat umur 2,6 – seterusnya.
Pada masa ini keinginan anak untuk mengetahui segala sesuatu mulai bertambah-tambah. Karena itu pertanyaanya pun mulai berkepanjangan, tidak cukup dijawab dengan pendek-pendek saja. Setiap jawaban akan menimbulkan pertanyaan yang baru.
3.    Perkembangan Permainan
Masalah anak bermain sudah sejak adanya anak-anak. Sudah ada sejak adanya manusia. Pertanyaan yang segera timbul ialah, mengapa anak harus mesti bermain-main. Sejak masih dalam buaian ia sudah mulai bermain dengan tangannya, kakinya dan lain-lainnya, kemudian ia bermain dengan benda-benda yang didapatnya di sekitarnya, akhirnya ia memerlukan alat tersendiri untuk bermain-main.


4.        Perkembangan Menggambar
Menggambar adalah suatu cara untuk mengekspresikan isi jiwa seseorang dalam bentuk garis-garis. Oleh karena itu bila anak membuat coret moreng di atas kertas, di tembok, di papan atau di manapun juga, maka anak itu sedang menggambar. Tentu saja sangat beda dengan gambar yang dibuat oleh orang dewasa.[5]


E. Tahap Perkembangan Belajar Peserta Didik
 mengalami taap tahap perkembangan kognitif, setiap perkembangan kognitif tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda.
1.      Tahap pra operasional (usia 2-7 tahun). Pada ahap ini kemempuan skema kognitifya masih tebatas. Peserta didik suka meniru perilaku orang lain. Perilaku yang ditiru terutama perilaku orang lain (khususnya orag tua dan guru) yang pernah iia lihat ketika orang itu merespon terhadap perilaku orang, keadaan, dan kejadian yang dihadapi pda masa lampau. Peserta ddik mulai mampu menggunkan kata-kata yangbenar dn mengkspresikan kalimat-kalima pendek scara efektif.
2.      Tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun). Pada tahap ini peserta didik sudah mulai mmahami aspek-aspek kumulatf materi, misalnya volume dan jumlah; mempunyai kemampuan memahami cara mengombinasikan bebeapa golongan benda yang bervariasi tingkatanya. Selain itu, peserta didik suah mampu berpikir sistematis menegenai benda-benda dan peristiwa yang konkret.
3.      Tahap operasional formal (usia 11-15 tahun). Pada tahap ini peserta didik sudh menginjak usia remaja. Perkembangan kognitif peserta didik pada tahap ini memiliki kemempuan mengoordnasikan dua ragam kemempuan kognitif, baik secara simultan (serentak) maupun berurutan. Misalnya kapsitas merumuskan hipitesis dan menggunakann prissip-prisip abstrak. Denga kapsitas merumuskan hipotesisi (anggapan dasar)  peserta didik mamapu berpikir untuk memecahan masalah dengan menggunakan anggapan dasar yang relevan dengan lingkungan yang ia respon. Sedangkan dengan kapasitas menggunakan prinsip-prnsip abstrak. Peserta didik akan mampu memepelajari mata pelajaran yang abstrak, seperrti agama matematika dan lainya.[6]

IV.             KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas dapat kami simpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, seperti faktor genetik, sosial-ekonomi, serta faktor lingkungan dimana anak itu tumbuh. Adapun perkembangan anak pada usia 0-2 tahun lebih pada perkembangan instingtif dan lebih banyak di pengaruhi oleh respon panca indra terhadap rangsangan dari luar.
Perkembangan anak usia 2-6 tahun lebih pada  perkembangan motorik seperti timbulnya gerakan-gerakan tak sadar, belajar berjalan, serta perkembangan bahasa yang intensif seperti menirukan apa yang dikatakan orang terdekatnya (ayah-ibu).
Adapun perkembangan belajar anak menurut Piaget terbagi menjadi: tahap pra-operasional (usia 2-7 tahun), operasional konkret (usia 7-11 tahun), serta operasional formal (usia 11-15 tahun), yang masing-masing tahap mempunyai cara dan pendekatan yang berbeda dalam hal perkembangan kognitif anak.

V.                PENUTUP
Demikian makalah yang dapat kami susun, penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran dari pembaca kami butuhkan demi kebaikan makalah ini dan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.



1.       Sudarwan Danim. Perkembangan Peserta Didik. (Bandung: Alfabeta. 2010). Hlm: 9-11
[2] Baihaqi. A.K. Mendidik Anak Dalam Kandungan. (Jakarta: Darul Ulum Press. 2001) hlm: 72-74.

[3]Majalah Edukasi Edisi XLVII/Th.XXII/ Agustus 2013. Budaya Jawa Menyiapkan Generasi Berkarakter. (Semarang: LPM Edukasi.). hlm: 3-4.
[4] Agoes Soejanto. Psikologi Perkembangan.  (Jakarta:PT Rineka Cipta.2005) Hlm: 174
[5] Sjarkawi. Pembentukan kepribadian anak, pesan moral intelektual, emosional dan sosial sebaga wujud integritas membangun jati diri. (Jakarta: PT Bumi Aksara.2009) hlm:54.
[6] Hamzah b uno. Mengelola kecardasan dalam belajar. (jakarta bumi aksara:2009) hlm: 4-5.





DAFTAR PUSTAKA

Baihaqi. A.K. 2001. Mendidik Anak Dalam Kandungan. Jakarta: Darul Ulum Press.
B uno, Hamzah, 2009. Mengelola kecardasan dalam belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan. 2010.  Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Majalah Edukasi Edisi XLVII/Th.XXII/ Agustus 2013. Budaya Jawa Menyiapkan Generasi Berkarakter. Semarang: LPM Edukasi.
Sjarkawi. 2009. Pembentukan kepribadian anak, pesan moral intelektual, emosional dan sosial sebaga wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soejanto, Agoes,  2005.  Psikologi Perkembangan, Jakarta:PT Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar