Sabtu, 11 Oktober 2014

perangkat dan klasifikasi media pembelajaran



PERANGKAT DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

                                                                                        
Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah Media Pembelajaran
Dosen pengampu : Drs. H. Muslam M.Pd.

Disusun oleh:
Nur Farida                              (123911001)
Novi Noviantika                     (123911015)
Aizatul Aliyah                        (123911029)


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
WALISONGO SEMARANG
2013

I.                Pendahuluan

Proses belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan untuk melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat melalui sistem memcapai tujuan pendidikan yang telah di tetapkan tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial.
Dalam mencapai tujuan tersebut siswa perlu berinteraksi dengan lingkungan belajar yang di atur dulu melalui proses pengajaran. suatu proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan (isi atau materi ajar) dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan (siswa/pebelajar atau mungkin juga guru).
Oleh karena itu dalam menyampaikan pesan (isi atau materi ajar) agar lebih dapat diterima oleh peserta didik atau siswa hendaknya menggunakan media pembelajan. Diharapkan dengan pemanfaatan sumber belajar berupa media pembelajaran, proses komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan efisien.
Rumusan masalah
1.     Apa pengertian media pembelajaran?
2.     Bagaimana menurut para pakar pendidikan klasifikasi media pembelajaran?
3.     Apa saja perangkat dalam media pembelajaran?









II.              PEMBAHASAN
1.     Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab media adalah perantara (وسا ئل) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Menurut Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media dipahami secara garis besar adalah manusia, materi,atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,ketrampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media.
Jadi media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.[1]
2.     Klasifikasi media pembelajaran menurut para pakar
a.           Klasifikasi media pembelajaranmenurut AzharArshad
Klasifikasi sumber belajar tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut degeng dalam azhar arshad (2006) adalah sebagai berikut:
a)     Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
b)     Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?)
c)     Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
d)     Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
e)     Teknik (Bagaimana informasi itu di transmisikan?)
f)      Lingkungan/Latar (Di mana di transmisikan?)
b.               Klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz
Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan unsure pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan media rekam (recording). Dengan demikian, media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjadi 8 kategori:
1) media audio visual gerak
 2) media audio visual diam
 3) media audio semi gerak
 4) media visual gerak
5) media visual diam
 6) media semi gerak
 7) media audio
 8) media cetak.
c.           Klasifikasi media pembelajaranmenurut Sudjanadan Ahmad Rifa’i
Sudjana dan Ahmad Rifa’i membedakan atau mengklasifikasikan media kedalam empat  kelompok, yaitu media grafis (dua dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan media lingkungan (alam).
d.           Klasifikasi media pembelajaranmenurut R. Murry Thomas
Menurut R. Murry Thomas media diklasifikasikan berdasarkan jenjang pengalaman ,yaitu:
(1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola.
 (2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto.
 (3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya buku dan program radio.
e.           Klasifikasi media pembelajaran menurut Soeparno
1.     Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi:
 (a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya radio.
(b) media yang memiliki karakteristik  ganda, misalnya film dan TV.
2.     Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi
(a)   Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV, dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. Dan presentasi  tak kontinyu, misalnya OHP.
3.     Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat dibedakan menjadi :
(a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual,
(b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.[2]
Dari lima pendapat di atas pemakalah dapat menyimpulkan bahwa klasifikasi media pembelajaran adalah jika di lihat dari sumber belajarnya yaitu ada penerima pesan, yang yang menyampaikan pesan,melalui alat apa yang di gunakaan, dan memakai metode seperti apa.
Jika dilihat dari taksonomi ada audio visual gerak, semi gerak, media gambar,berdasarkan jenjang pengalaman, pengalaman dari benda asli, benda tiruan, dan kata-kata. Jika di lihat dari karakteristiknya, yang memiliki karakteristik tunggal seperti radio, dan yang memiliki karakteristik ganda seperti TV, karena TV selain dapat di lihat juga dapat di dengarkan.
3.     Perangkat  media pembelajaran
Yang termasuk perangkat media adalah:
a.       Material
 Material ( bahan media ) adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan yang akan disampaikan kepada auidien dengan menggunakan peralatan tertentu atau wujud bendanya sendiri, seperti transparansi untuk perangkat overhead, film, filmstrip, dan filmslide, gambar, grafik, dan bahan cetak. Semua isi pesan yang disimpan dalam material disebut Software ( Perangkat Lunak )

b.       equipment
Equipment ( peralatan ) ialah sesuatu yang dipakai untuk memindahkan atau menyampaikan sesuatu yang disimpan oleh material kepada audien, misalnya proyektor film slide, video tape recorder, papan tempel, papan flanel, dan sebagainya. Peralatan yang digunakan untuk menuangkan pesan dan mengirimkan ke audien disebut  Hardware  (Perangkat Keras)
c. hardware dan software
Hardware istilah hardware berhubungan dengan software tidak hanya di pakai dalam dunia komputer tetapi juga untuk semua jenis media pembelajaran. Contoh, isi pesan yang di simpan dalam transparasi OHP, kaset audio, kaset vidio, film slide. Software adalah isi pesan yang di simpan dalam material sedangkan hardware adalah peralatan yang di gunakan untuk menyampaikan pesan yang telah di tuangkan ke dalam material untuk di kirim kepada audien.[3]
III.            KESIMPULAN
Para ahli beda dalam setiap klasifikasinya :
A)   Klasifikasi mmenurut Azhar arshad ada 6 yaitu :
a)     Pesan (Apainformasi yang ditransmisikan?)
b)     Orang (Siapa/Apakah yang melakukantransmisi?)
c)     Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpaninformasi?)
d)     Alat (Siapa/Apakah yang menyimpaninformasi?)
e)     Teknik (Bagaimanainformasiituditransmisikan?)
f)      Lingkungan/Latar (Di manaditransmisikan?)
B) Klasifikasi menurut Rudy brezt ada 8 kategori
1) media audio visual gerak
 2) media audio visual diam
 3) media audio semi gerak
 4) media visual gerak
5) media visual diam
 6) media semi gerak
 7) media audio
 8) media cetak.
C)  Klasifikasi menurut Sudjanadan Ahmad Rifa’i ada 4 kelompok :
yaitu media grafis (duadimensi), misalnyag,gambar, foto, dan grafik. Media tigadimensi, misalnya model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan media lingkungan (alam).
D) Klasifikasi menurut R. Murry Thomas
berdasarkan jenjang pengalaman ,yaitu: (1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola. (2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto. (3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya bukudan program radio.
E) Klasifikasi menurut soeparno
Berdasarkan karakteristiknya
Berdasarkan dimensi presentasi
Berdasarkan pemakaiannya.
Perangkat media pembelajaran
Material ( bahan media ) adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan
Equipment ( peralatan ) ialah sesuatuyang dipakai untuk memindahkan atau menyampaikan sesuatu yang disimpan
hardware adalah peralatan yang di gunakan untuk menyampaikan pesan yang telah di tuangkan ke dalam material.
Software adalah isi pesan yang di siman dalam materia

IV.            PENUTUP
demikianlah makalah yang dapat kami paparkan kepada saudara. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan pembuatan makalah ini. Jazakumullahu ahsanal jaza. Tak lupa permohonan maaf kami haturkan kepada saudara atas kekhilafan-kekhilafan dalam makalah ini. Kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini pada khususnya, dan makalah selanjutnya pada umumnya. Semoga bermanfaat dan  tetap semangat.




DAFTAR PUSTAKA
Arsad  ,Azhar, Media Pembelajaran ,Jakarta :Rajawali Pers, 2003.
Arief S. Sadimn, Media Pembelajaran,Jakarta:Rajawali, 1986.
http://mahfudz92.blogspot.com/2012/04/klasifikasi-media-pembelajaran. html diakses selasa,27,03/2013 jam 20.30 WIB



[1] Azhar Arsyad, media pembelajaran,(Jakarta:RajaGrafindo, 2003), hlm.3
[2] http://mahfudz92.blogspot.com/2012/04/klasifikasi-media-pembelajaran. html diakses selasa,27,03/2013 jam 20.30 WIB
[3]Atief S. Sadiman, Media Pembelajaran,(Jakarta:Rajawali, 1986), hlm. 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar