PERANGKAT DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
Makalah
Disusun
guna memenuhi tugas
Mata
Kuliah Media Pembelajaran
Dosen
pengampu : Drs. H. Muslam M.Pd.
Disusun
oleh:
Nur Farida
(123911001)
Novi Noviantika
(123911015)
Aizatul Aliyah (123911029)
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI
WALISONGO
SEMARANG
2013
I. Pendahuluan
Proses
belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan untuk
melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat melalui sistem
memcapai tujuan pendidikan yang telah di tetapkan tujuan pendidikan pada
dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku
baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu
dan makhluk sosial.
Dalam
mencapai tujuan tersebut siswa perlu berinteraksi dengan lingkungan belajar
yang di atur dulu melalui proses pengajaran. suatu proses komunikasi, yaitu
proses penyampaian pesan (isi atau materi ajar) dari sumber pesan melalui
saluran/media tertentu ke penerima pesan (siswa/pebelajar atau mungkin juga
guru).
Oleh
karena itu dalam menyampaikan pesan (isi atau materi ajar) agar lebih dapat
diterima oleh peserta didik atau siswa hendaknya menggunakan media
pembelajan. Diharapkan dengan pemanfaatan sumber belajar berupa media
pembelajaran, proses komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung lebih
efektif dan efisien.
Rumusan
masalah
1.
Apa
pengertian media pembelajaran?
2.
Bagaimana
menurut para pakar pendidikan klasifikasi media pembelajaran?
3.
Apa
saja perangkat dalam media pembelajaran?
II.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin medius
yang secara harfiah berarti tengah perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab
media adalah perantara (وسا ئل) atau pengantar pesan
dari pengirim kepada penerima pesan.
Menurut Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa
media dipahami secara garis besar adalah manusia, materi,atau kejadian yang
membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,ketrampilan,
atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks, dan lingkungan sekolah
merupakan media.
Jadi media pembelajaran adalah segala sesuatu
yang dapat di gunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga
dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan
belajar untuk mencapai tujuan belajar.[1]
2.
Klasifikasi media pembelajaran menurut para
pakar
a.
Klasifikasi media pembelajaranmenurut AzharArshad
Klasifikasi sumber belajar tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut degeng dalam azhar arshad (2006) adalah sebagai berikut:
a) Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
b) Orang (Siapa/Apakah
yang melakukan transmisi?)
c) Bahan (Siapa/Apakah
yang menyimpan informasi?)
d) Alat (Siapa/Apakah yang
menyimpan informasi?)
e) Teknik (Bagaimana informasi itu di transmisikan?)
f) Lingkungan/Latar (Di
mana di transmisikan?)
b.
Klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz
Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan unsure pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan
media rekam (recording). Dengan demikian, media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjadi 8 kategori:
1) media audio visual
gerak
2) media audio visual diam
3) media audio semi gerak
4) media visual gerak
5) media visual diam
6) media semi gerak
7) media audio
8) media cetak.
c.
Klasifikasi media pembelajaranmenurut Sudjanadan Ahmad Rifa’i
Sudjana dan Ahmad Rifa’i membedakan atau mengklasifikasikan media kedalam empat kelompok, yaitu media grafis (dua dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan
media lingkungan (alam).
d.
Klasifikasi media pembelajaranmenurut R. Murry
Thomas
Menurut R. Murry Thomas
media diklasifikasikan berdasarkan jenjang pengalaman ,yaitu:
(1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola.
(2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto.
(3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya buku dan program radio.
e.
Klasifikasi media pembelajaran menurut Soeparno
1. Klasifikasi media
berdasarkan karakteristiknya,
dibedakan menjadi:
(a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya
radio.
(b) media yang memiliki karakteristik ganda, misalnya film dan TV.
2. Klasifikasi media
berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi
(a) Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV,
dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. Dan presentasi tak kontinyu, misalnya OHP.
3.
Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat
dibedakan menjadi :
(a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media
untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual,
(b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan
pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.[2]
Dari lima pendapat di atas pemakalah dapat
menyimpulkan bahwa klasifikasi media pembelajaran adalah jika di lihat dari
sumber belajarnya yaitu ada penerima pesan, yang yang menyampaikan
pesan,melalui alat apa yang di gunakaan, dan memakai metode seperti apa.
Jika dilihat dari taksonomi ada audio visual
gerak, semi gerak, media gambar,berdasarkan jenjang pengalaman, pengalaman dari
benda asli, benda tiruan, dan kata-kata. Jika di lihat dari karakteristiknya,
yang memiliki karakteristik tunggal seperti radio, dan yang memiliki karakteristik
ganda seperti TV, karena TV selain dapat di lihat juga dapat di dengarkan.
3.
Perangkat media pembelajaran
Yang
termasuk perangkat media adalah:
a.
Material
Material (
bahan media ) adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan yang akan
disampaikan kepada auidien dengan menggunakan peralatan tertentu atau wujud bendanya
sendiri, seperti transparansi untuk perangkat overhead, film, filmstrip, dan
filmslide, gambar, grafik, dan bahan cetak. Semua isi pesan yang disimpan dalam
material disebut Software ( Perangkat Lunak )
b.
equipment
Equipment
( peralatan ) ialah sesuatu yang dipakai untuk memindahkan atau
menyampaikan sesuatu yang disimpan oleh material kepada audien, misalnya
proyektor film slide, video tape recorder, papan tempel, papan flanel, dan
sebagainya. Peralatan yang digunakan untuk menuangkan pesan dan mengirimkan ke
audien disebut Hardware (Perangkat Keras)
c. hardware
dan software
Hardware
istilah hardware berhubungan dengan software tidak hanya di pakai dalam dunia
komputer tetapi juga untuk semua jenis media pembelajaran. Contoh, isi pesan
yang di simpan dalam transparasi OHP, kaset audio, kaset vidio, film slide.
Software adalah isi pesan yang di simpan dalam material sedangkan hardware
adalah peralatan yang di gunakan untuk menyampaikan pesan yang telah di
tuangkan ke dalam material untuk di kirim kepada audien.[3]
III.
KESIMPULAN
Para ahli beda dalam setiap klasifikasinya :
A)
Klasifikasi mmenurut Azhar arshad ada 6 yaitu :
a) Pesan (Apainformasi
yang ditransmisikan?)
b) Orang (Siapa/Apakah
yang melakukantransmisi?)
c) Bahan (Siapa/Apakah
yang menyimpaninformasi?)
d) Alat (Siapa/Apakah yang
menyimpaninformasi?)
e) Teknik
(Bagaimanainformasiituditransmisikan?)
f) Lingkungan/Latar (Di
manaditransmisikan?)
B) Klasifikasi
menurut Rudy brezt ada 8 kategori
1) media audio visual gerak
2)
media audio visual diam
3)
media audio semi gerak
4)
media visual gerak
5) media visual diam
6)
media semi gerak
7)
media audio
8)
media cetak.
C) Klasifikasi menurut Sudjanadan Ahmad Rifa’i ada 4 kelompok :
yaitu media grafis (duadimensi), misalnyag,gambar, foto, dan grafik. Media tigadimensi, misalnya
model susun dan model kerja. Media proyeksi,
misalnya OHP dan media lingkungan (alam).
D) Klasifikasi
menurut R. Murry Thomas
berdasarkan jenjang pengalaman ,yaitu: (1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola. (2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto. (3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya bukudan program radio.
E) Klasifikasi menurut soeparno
Berdasarkan
karakteristiknya
Berdasarkan
dimensi presentasi
Berdasarkan
pemakaiannya.
Perangkat media pembelajaran
Material ( bahan media ) adalah sesuatu yang dapat
dipakai untuk menyimpan pesan
Equipment ( peralatan ) ialah sesuatuyang dipakai untuk
memindahkan atau menyampaikan sesuatu yang disimpan
hardware adalah peralatan yang di gunakan untuk
menyampaikan pesan yang telah di tuangkan ke dalam material.
Software adalah isi pesan yang di siman dalam materia
IV.
PENUTUP
demikianlah makalah yang dapat kami paparkan
kepada saudara. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan
pembuatan makalah ini. Jazakumullahu ahsanal jaza. Tak lupa permohonan maaf
kami haturkan kepada saudara atas kekhilafan-kekhilafan dalam makalah ini.
Kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini pada
khususnya, dan makalah selanjutnya pada umumnya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.
DAFTAR PUSTAKA
Arsad ,Azhar, Media
Pembelajaran ,Jakarta :Rajawali Pers, 2003.
Arief S. Sadimn, Media Pembelajaran,Jakarta:Rajawali, 1986.
http://mahfudz92.blogspot.com/2012/04/klasifikasi-media-pembelajaran. html diakses selasa,27,03/2013 jam 20.30 WIB
[1]
Azhar Arsyad, media pembelajaran,(Jakarta:RajaGrafindo, 2003), hlm.3
[2]
http://mahfudz92.blogspot.com/2012/04/klasifikasi-media-pembelajaran.
html diakses selasa,27,03/2013 jam 20.30 WIB
[3]Atief
S. Sadiman, Media Pembelajaran,(Jakarta:Rajawali, 1986), hlm. 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar