RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MIN 1 GUNTUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester : IV/2
Waktu : 1 × 30
menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Memahami nilai-nilai dan sikap kepahlawanan.
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
Mengenal
para pahlawan yang telah mempertahankan bangsa Indonesia
C. INDIKATOR
1.2.1
Memahami para pahlawan yang sikap nya dapat diteladani dengan baik
1.2.2
Menyebutkan para pahlawan yang sikapnya dapat diteladani dengan baik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan Siswa dapat menemukan
konsep tata tertib dan aturan
dengan benar.
1.
Siswa dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang
dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.
Siswa dapat
menyebutkan pahlawan-pahlawan yang telah gigih berjuang untuk bangsa Indonesia
3.
Siswa dapat
meneladani dari sikap para pahlawan
E. MATERI PEMBELAJARAN
Buku siswa PKn SD MI kelas IV
F. PENDEKETAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran
adalah saintifik (scientific). Metode
pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Small Group
Discussion, Demonstrasi dan Inquiry.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam ketika memasuki kelas
2.
Guru melakukan
absensi
3.
Guru memberikan apersepsi terhadap
materi yang akan dipelajari dengan menggali materi yang diterima siswa di
sekolah dasar.
4.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mengenalkan para pahlawan yang telah gigih dalam perjuangnya.
5. Guru
memberikan siswa motivasi kepada
peserta didik agar mereka lebih semangat dalam menerima materi yang akan di
sampaikan oleh guru.
6. Guru mengajukkan pertanyaan kepada siswa sebelum
memulai pelajaran.
|
3
menit
|
Inti
|
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok dengan anggota masing-masing kelompok terdiri dari 4-5
orang.
1.
MENGAMATI
Siswa
mengamati ketika:
a.
Siswa
mendengarkan arahan guru tentang pelajaran yang akan dimulai.
b.
Guru
menjelaskan materi tentang nilai-nilai kepahlawanan, dan sikap kepahlawanan.
c.
Siswa
mengamati gambar-gambar yang diberikan oleh guru dengan instruksi guru bahwa
mereka diminta mengelompokkan
gambar-gambar tersebut berdasarkan karakteristik dan nama para pahlawan.
d.
Guru
berkeliling untuk mengecek pekerjaan siswa dan membantu siswa.
2.
MENANYA
a.
Para siswa saling
bertanya satu sama lain di dalam kelompoknya untuk dapat mengelompokkan gambar pahlawan sesuai dengan karakteristik dan
namanya.
3.
MENCOBA
Siswa
mengelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai kreativitas masing-masing.
4.
MENALAR
Siswa saling
berdiskusi dan bertukar pendapat dalam mengelompokan gambar para pahlawan sesuai dengan karakteristik dan
namanya.
Sehingga mereka
menemukan konsep mengenai para
pahlawan sesuai pemahaman mereka dalam diskusi
kelompok yang dituliskan dalam Lembar Kerja.
5.
MENGKOMUNIKASIKAN
a.
Setiap siswa menempelkan
gambar kegiatan dirumah dan
sekolah yang mereka peroleh di depan kelas.
b.
Siswa mempresentasikan hasil
pengelompokannya.
|
8
menit
|
Penutup
|
KESIMPULAN
Siswa
dibimbing guru bersama-sama mendefinisikan bahwa nilai-nilai dan sikap kepahlawanan perlu diteladani.
EVALUASI DAN TINDAK
LANJUT
a.
Siswa diberi beberapa
pertanyaan untuk kemudian dijelaskan di depan kelas
b.
Siswa diberi tugas
rumah untuk dikumpulkan pada hari berikutnya.
c.
Siswa diminta
mempelajari materi selanjutnya yaitu tentang kemerdekaan Indonesia.
|
4
menit
|
H. Alat/ Media / Sumber
Pembelajaran
1.
Gambar-gambar pahlawan.
2.
Buku siswa PKn SD MI kelas IV
3.
Media GAPADING (gambar
pada dinding)
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian : Pengamatan dan Tes Tertulis
2.
Prosedur Penilaian
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlihat antusisas
dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk dalam pembelajaran pada materi kepahlawananku.
b.
Memiliki rasa percaya
diri dalam menyampaikan pendapat dalam pembelajaran pada materi kepahlawananku.
c.
Menghargai pendapat
orang lain baik
saat berdiskusi dalam kelompok.
|
Pengamatan
|
Selama
proses pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menyebutkan
pahlawan dan mengidentifikasikan karakteristik masing-masing pahlawan.
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian
tugas kelompok dan individu
|
Tes
Tertulis
1.
Apakah yang kalian
ketahui tentang kepahlawanan?
2.
Contohkan sikap yang menunjukan meneladani sikap para pahlawan?
Skor Maksimal = 8

LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester
: VI/2
Tahun Pelajaran : 2014
Indikator sikap antusias dan
tertarik dalam pembelajaran materi kepahlawananku dengan mengetahui nilai-nilai dan
sikap pahlawan :
1.
Kurang
baik jika
tidak menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran materi mengenal
para pahlawan.
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha memperhatikan
pembelajaran materi.
3.
Sangat
baik jika sudah
ada respons dari siswa yang ditunjukkan siswa bertanya tentang materi yang
belum dipahami dalam pembelajaran materi mengenai
nilai-nilai dan sikap kepahlawanan.
Indikator sikap percaya diri
dalam kegiatan diskusi kelompok.
1.
Kurang
baik jika
siswanya diam dan mendengarkan saat berdiskusi kelompok dalam pembelajaran materi kepahlawananku.
2.
Baik
jika
siswa mengutarakan pendapatnya saat diskusi kelompok dalam
pembelajaran materi mengenai
kepahlawananku.
3.
Sangat
baik jika siswa
sudah berani mengutarakan ketidak
setujuannya
terhadap pendapat orang lain selama diskusi kelompok dalam pembelajaran materi
kepahlawananku.
Indikator
sikap menghargai pendapat orang lain selama pembelajaran.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif dalam
pembelajaran materi kepahlawananku.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran materi kepahlawananku.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsistendalam pembelajaran materi
kepahlawananku.
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Nur Salim, S. Pd., M. Sc. Alina Aunun
Faiqoh, S. Pd.
(NIP.
19720604 200312 1 002) ( NIM. 123911030 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar