Rabu, 03 Desember 2014

contoh RPP kelas IV semester 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : MIN 1 GUNTUR
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester              :  IV/2
Waktu                            :  1 × 30 menit
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Memahami nilai-nilai dan sikap kepahlawanan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.2       Mengenal para pahlawan yang telah mempertahankan bangsa Indonesia   
C.     INDIKATOR
1.2.1        Memahami para pahlawan yang sikap nya dapat diteladani dengan baik
1.2.2        Menyebutkan para pahlawan yang sikapnya dapat diteladani dengan baik

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan Siswa dapat menemukan konsep tata tertib dan aturan dengan benar.
1.      Siswa dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.      Siswa dapat menyebutkan pahlawan-pahlawan yang telah gigih berjuang untuk bangsa Indonesia
3.      Siswa dapat meneladani dari sikap para pahlawan

E.     MATERI PEMBELAJARAN
 Buku siswa PKn SD MI kelas IV



F.     PENDEKETAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran adalah saintifik (scientific). Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Small Group Discussion, Demonstrasi dan Inquiry.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam ketika memasuki kelas
2.    Guru melakukan absensi
3.    Guru memberikan apersepsi terhadap materi yang akan dipelajari dengan menggali materi yang diterima siswa di sekolah dasar.
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mengenalkan para pahlawan yang telah gigih dalam perjuangnya.
5.    Guru memberikan siswa motivasi kepada peserta didik agar mereka lebih semangat dalam menerima materi yang akan di sampaikan oleh guru.
6.    Guru mengajukkan pertanyaan kepada siswa sebelum memulai pelajaran.
3 menit
Inti
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang.
1.     MENGAMATI
Siswa mengamati ketika:
a.    Siswa mendengarkan arahan guru tentang pelajaran yang akan dimulai.
b.   Guru menjelaskan materi tentang nilai-nilai kepahlawanan, dan sikap kepahlawanan.
c.     Siswa mengamati gambar-gambar yang diberikan oleh guru dengan instruksi guru bahwa mereka diminta mengelompokkan  gambar-gambar tersebut berdasarkan karakteristik dan nama para pahlawan.
d.   Guru berkeliling untuk mengecek pekerjaan siswa dan membantu siswa.
2.     MENANYA
a.       Para siswa saling bertanya satu sama lain di dalam kelompoknya untuk dapat mengelompokkan gambar pahlawan sesuai dengan karakteristik dan namanya.
3.    MENCOBA
Siswa mengelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai kreativitas masing-masing.
4.    MENALAR
Siswa saling berdiskusi dan bertukar pendapat dalam mengelompokan gambar para pahlawan sesuai dengan karakteristik dan namanya.
Sehingga mereka menemukan konsep mengenai para pahlawan sesuai pemahaman mereka dalam diskusi kelompok yang dituliskan dalam Lembar Kerja.
5.    MENGKOMUNIKASIKAN
a.    Setiap siswa menempelkan gambar kegiatan dirumah dan sekolah yang mereka peroleh di depan kelas.
b.     Siswa mempresentasikan hasil pengelompokannya.

8 menit
Penutup
KESIMPULAN
Siswa dibimbing guru bersama-sama mendefinisikan bahwa nilai-nilai dan sikap kepahlawanan perlu diteladani.
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
a.    Siswa diberi beberapa pertanyaan untuk kemudian dijelaskan di depan kelas
b.    Siswa diberi tugas rumah untuk dikumpulkan pada hari berikutnya.
c.    Siswa diminta mempelajari materi selanjutnya yaitu tentang kemerdekaan Indonesia.

4        menit

H.    Alat/ Media / Sumber Pembelajaran
1.      Gambar-gambar pahlawan.
2.      Buku siswa PKn  SD MI kelas IV
3.      Media GAPADING (gambar pada dinding)

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian          : Pengamatan dan Tes Tertulis
2.      Prosedur Penilaian     

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlihat antusisas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk dalam pembelajaran pada materi kepahlawananku.
b.      Memiliki rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat dalam pembelajaran pada materi kepahlawananku.
c.       Menghargai pendapat orang lain baik saat berdiskusi dalam kelompok.
Pengamatan
Selama proses pembelajaran dan diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menyebutkan pahlawan dan mengidentifikasikan karakteristik masing-masing pahlawan.

Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas kelompok dan individu



Tes Tertulis
1.      Apakah yang kalian ketahui tentang kepahlawanan?
2.      Contohkan sikap yang menunjukan meneladani sikap para pahlawan?
Skor Maksimal = 8








LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                       : PKn
Kelas/Semester                      : VI/2
Tahun Pelajaran                     : 2014


Indikator sikap antusias dan tertarik dalam pembelajaran materi kepahlawananku dengan mengetahui nilai-nilai dan sikap pahlawan :
1.      Kurang baik jika tidak menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran materi mengenal para pahlawan.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha memperhatikan pembelajaran materi.
3.      Sangat baik jika sudah ada respons dari siswa yang ditunjukkan siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami dalam pembelajaran materi mengenai nilai-nilai dan sikap kepahlawanan.

Indikator sikap percaya diri dalam kegiatan diskusi kelompok.
1.        Kurang baik jika siswanya diam dan mendengarkan saat berdiskusi kelompok dalam pembelajaran materi kepahlawananku.
2.        Baik jika siswa mengutarakan pendapatnya saat diskusi kelompok dalam pembelajaran materi mengenai kepahlawananku.
3.        Sangat baik jika siswa sudah berani mengutarakan ketidak setujuannya terhadap pendapat orang lain selama diskusi kelompok dalam pembelajaran materi kepahlawananku.

Indikator sikap menghargai pendapat orang lain selama pembelajaran.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran materi kepahlawananku.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran materi kepahlawananku.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsistendalam pembelajaran materi kepahlawananku.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










Dst










Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik
                                                                                                Semarang, 10 Juli 2014
Kepala Madrasah                                                                    Guru Kelas

Nur Salim, S. Pd., M. Sc.                                                      Alina Aunun Faiqoh, S. Pd.


(NIP. 19720604 200312 1 002)                                              (   NIM. 123911030    )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar